IBM PC Pertama

IBM Personal Computer diperkenalkan pada 1981 sebagai IBM 5150. Komputer ini menjadi sangat populer di era 80-an meskipun istilah “personal computer” (komputer pribadi) telah digunakan sejak 70-an, sebuah PC dianggap identik dengan sebuah IBM PC-compatible computer.
Selama pembuatannya, IBM 5150 dikenal sebagai “Project Chess” dan dibuat oleh sebuah team beranggotakan 12 orang dikepalai Don Estridge dan Larry Potter. Untuk mempercepat proses pembuatan dan memangkas biaya produksi, IBM memutuskan menggunakan komponen siap pakai yang umum, suatu hal yang jarang mereka lakukan.
IBM PC yang pertama memiliki processor 8088, RAM 64 kilobyte (bisa ditambah sampai 256 kilobyte), sebuah floppy disk drive (yang bisa digunakan untuk menyalakan komputer dengan versi MS-DOS yang dilabel ulang sebagai PC-DOS) dan kartu video CGA atau monochrome. Komputer tersebut juga memiliki versi Microsoft BASIC didalam sebuah ROM (Read Only Memory). Pada IBM PC yang pertama, hard disk drive tambahan sebesar 10 MB hanya bisa dipasang jika power supply aslinya diganti (karena terlalu lemah).

1stibmpc IBM PC Pertama
IBM PC Pertama - IBM 5150

Sumber: royal.pingdom.com