Kirim Email Pakai Thunderbird

Anda mungkin sudah terbiasa berkirim email dengan Outlook. Untuk data skala kecil menggunakan Outlook memang solusi yang paling cepat dan mudah, karena Outlook sudah tersedia saat kita menginstall Windows. Namun jika data email anda sudah membengkak menjadi ratusan megabyte, maka kemungkinan anda akan sering mengalami masalah saat menggunakan Outlook. Solusinya anda harus rajin melakukan backup email anda, atau memisahnya menjadi identitas baru (lewat menu File – Identities – Add New Identity).

Thunderbird bisa menjadi solusi alternatif email client untuk menggantikan Outlook. Meskipun freeware (gratis) namun performa Thunderbird tidak perlu diragukan. Produk Mozilla ini terkenal lebih stabil dan aman, jika komputer anda terhubung ke internet maka tiap kali ada update program otomatis Thunderbird akan menginformasikan kepada anda untuk mengupgrade ke versi yang terbaru.

Selain itu, Thunderbird juga dilengkapi kemampuan untuk memfilter email yang dianggap spam (junk mail). Menu Filter yang ada juga bisa dipakai untuk memisah-misah email ke dalam folder-folder tertentu (sangat bermanfaat jika anda mengikuti beberapa milis, email dari milis-milis tertentu bisa langsung masuk ke folder-folder yang anda tentukan).

Sekarang mari kita mulai langkah-langkah penggunaan Thunderbird:

  1. Download Thunderbird dari sini
  2. Buka file hasil download tersebut untuk melakukan instalasi
  3. Setelah proses instalasi selesai, jalankan Thunderbird
  4. Anda akan diminta untuk mengisikan keterangan setting account email anda
  5. Pilih Email account atau Gmail (jika anda memakai Gmail)
  6. Klik [Next]. Isikan Nama dan Alamat email anda
  7. Klik [Next]. Pilih tipe server (umumnya memakai POP)
  8. Isikan alamat server di bagian Incoming Server (misal: untuk email yang dibuat di yahoo.co.id maka isikan pop.mail.yahoo.co.id)
  9. Klik [Next]. Isikan username anda (nama account waktu anda membuat account email)
  10. Klik [Next]. Beri nama untuk settingan ini

Jika anda hendak mengubah settingan yang telah dibuat, buka menu Tools lalu submenu Account Settings. Untuk membuat setting server SMTP (server yang digunakan untuk proses pengiriman email keluar), maka klik di pilihan Outgoing Server. Lalu klik tombol [Add]. Tampilan seperti berikut:

smtp Kirim Email Pakai Thunderbird
Setting SMTP Thunderbird

Jika anda menggunakan lebih dari satu email account, maka masing-masing account bisa memiliki SMTP server yang berbeda. Untuk menentukan SMTP server mana yang hendak dipakai untuk sebuah account, klik di nama Account yang hendak diset, lalu di Outgoing Server (yang terletak di sebelah kanan layar) pilih SMTP server yang sesuai.

4 thoughts on “Kirim Email Pakai Thunderbird”

  1. Situs/Blog ini cukup bagus karena informasi yang disajikan bisa menambah wawasan.
    Kedepan sebaiknya penyajiannya bisa lebih detil dan komprehensip agar pengunjung bisa tuntas medapatkan info yang berkaitan dengan topik yang sedang diulas.

  2. yahoo.com dengan fitur Offline Access With POP hanya tersedia di Yahoo Mail Plus – layanan premium dari Yahoo dengan biaya $ 19.99 per tahun. Bisa dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>