Cara Meningkatkan Pagerank

Hari ini saya mendapat surprise yang luar biasa… Blog infogaptek.com ini telah mendapatkan hadiah berupa Pagerank dari mbah Google icon smile Cara Meningkatkan Pagerank Tidak tanggung-tanggung setelah 3 bulan (lebih sedikit) penantian, akhirnya langsung mendapatkan Pagerank 2! Sungguh suatu kado yang istimewa dan memang sudah dinanti-nanti, karena kabarnya memang sekitar bulan Maret akan diadakan update Pagerank oleh Google. Tadinya saya pikir, kalaupun dapat PR (Pagerank) paling cuma PR 1.. eh ternyata bisa langsung lompat (naik kelas) ke level 2.

Sebenarnya apa sih Pagerank itu? Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pasti sudah tau. Pagerank adalah indikator yang memberikan informasi apakah suatu blog cukup penting atau populer di jagad maya internet ini. Umumnya diukur dari banyaknya website atau blog lain yang mengandung tautan (link) menuju ke blog kita. Tautan dari blog lain ini disebut backlink. Semakin banyak (dan semakin berkualitas) jumlah blog yang mengandung URL (alamat) blog kita, akan semakin menaikkan “derajad” blog kita di mata mbah Google icon smile Cara Meningkatkan Pagerank

Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan “blogwalking” atau jalan-jalan mengunjungi blog lain. Bukan hanya berkunjung, tapi sebisa mungkin kita memberikan komentar di salah satu posting (artikel) yang ada di blog itu. Komentar yang anda berikan sebaiknya komentar yang berbobot (berkualitas), bukan sekedar “Nice info” atau “Good posting”. Kalau bisa komentar yang memberikan informasi tambahan dari posting yang dikomentari. Keuntungannya ada 2: selain anda mendapatkan backlink, jika komentar anda bermutu akan memancing orang lain untuk berkunjung ke blog anda dan tentunya ini akan meningkatkan jumlah traffic bagi blog anda!

Karena pagerank ini ditentukan oleh Google, maka anda sebaiknya mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools (alamatnya di http://google.com/webmasters/tools). Anda boleh mendaftarkan semua blog yang anda miliki. Dengan tool dari google ini anda dapat melihat informasi yang berkaitan dengan blog anda, dan jika ada masalah dengan blog anda maka bisa langsung diketahui secara cepat. Sebelumnya, jangan lupa membuat sitemap untuk blog anda! Sitemap ini berisi informasi daftar link yang ada di blog anda. Jika anda memakai mesin wordpress, sudah ada plugin google-sitemap-generator (silakan tanya mbah Google). Plugin ini akan membuatkan sitemap untuk anda secara otomatis. Sebelumnya siapkan 2 buah file kosong di folder blog anda: sitemap.xml dan sitemap.xml.gz serta ubahlah mode (permission) file2 tersebut menjadi 777 (full-access) dari control panel hosting anda (cpanel/spanel) atau lewat ftp juga bisa.

Plugin lain yang wajib diinstall adalah all-in-one-seo-pack yang akan menjadikan blog atau posting anda lebih SEO-friendly sehingga kesempatan untuk tampil di halaman awal search engine lebih besar. Hal ini tentunya akan meningkatkan traffic blog anda, karena pengunjung search engine biasanya hanya akan melihat halaman 1 – 2 dari hasil pencarian sebuah keyword.