OpenOffice Calc: Pencarian Data Menggunakan VLOOKUP

OpenOffice Calc adalah aplikasi pengganti Microsoft Excel. Dalam hal kemampuan, aplikasi freeware ini tidak kalah dibanding kompetitornya tersebut. Saat artikel ini ditulis versi terbaru dari OpenOffice adalah versi 3.0.1 yang dapat didownload dengan gratis di situsnya (openoffice.org). Ukuran file instalasinya memang cukup besar (sekitar 145 MB), kalau memakai Speedy dengan download rate sekitar 60 Kbps maka memerlukan waktu sekitar 40 menit (CMIIW).

Salah satu fasilitas yang sering saya gunakan untuk pengolahan data spreadsheet dengan Calc adalah VLOOKUP. Fasilitas ini sangat berguna untuk mencari (search) sebuah nilai (value) dari daftar master data. Sebagai contoh: kita memiliki sebuah bank data yang menyimpan ribuan record, lalu ingin mencari sebuah nilai dari bank data tersebut berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu. Coba perhatikan bank data berikut:
calc01 OpenOffice Calc: Pencarian Data Menggunakan VLOOKUP

Misalkan kita ingin mengetahui nilai dari daftar item berikut di bulan Maret:
calc02 OpenOffice Calc: Pencarian Data Menggunakan VLOOKUP

Maka formulanya sebagai berikut :
=VLOOKUP(A1;Sheet1.A2:D16;4;FALSE())

calc03 OpenOffice Calc: Pencarian Data Menggunakan VLOOKUP

Dari contoh tersebut, bank data diletakkan di Sheet1 (mulai dari cell A1 sampai dengan D16). Tapi karena baris nomer 1 berisi title (judul) kolom, maka pencarian dilakukan mulai dari baris ke-2 (cell A2).
Sheet2 berisi daftar item yang hendak dicari. Formula dituliskan di sebelah cell yang hendak dicari nilainya.

Jika ada hasil yang menampilkan #N/A itu berarti kode tersebut tidak terdapat di dalam bank data. Penggunaan VLOOKUP dalam aktivitas harian bisa diterapkan dalam bermacam kasus. Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu.