Game Mafia Wars Di Facebook

Siapa sih yang nggak kenal Facebook? Situs sosial dan pertemanan yang memiliki alamat URL facebook.com ini memang sangat fenomenal. Dari hasil statistik Alexa per hari ini, facebook menempati ranking yang jauh di atas friendster dan myspace. Coba perhatikan grafik berikut:

alexa fb fs ms Game Mafia Wars Di Facebook

Friendster yang sempat menjadi idola, kini sudah turun derajad-nya dan digantikan oleh Facebook. Hal ini wajar, karena dari sisi fitur memang facebook lebih lengkap dan lebih dinamis. Di dalamnya banyak terdapat aplikasi menarik yang bisa membuat user betah berlama-lama disana. Salah satu yang saya suka adalah game Mafia Wars icon smile Game Mafia Wars Di Facebook

Mafia Mars merupakan jenis game RPG (Role Playing Game). Disini anda memerankan seorang tokoh mafia. Saat pertama kali melangkahkan kaki di “dunia hitam” ini, anda hanya memiliki modal yang pas-pasan. Kejelian dan taktik anda akan menentukan apakah anda layak untuk naik level dan mendapatkan uang dan kekuasaan yang lebih luas. Semakin tinggi level anda, maka anda dapat menikmati fasilitas yang lebih baik.

Yang harus dilakukan pertama kali untuk memperoleh uang adalah dengan melakukan pekerjaan (Jobs). Jobs memerlukan Energy. Untuk level awal (level 1 – 4) jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan adalah Street Thug. Jumlah energy yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah pekerjaan bisa dilihat disamping masing-masing job. Kadangkala sebuah job juga membutuhkan alat bantu (bisa dilihat disebelah Energy). Untuk membeli alat bantu, silakan masuk ke bagian Inventory. Tentunya anda harus memiliki uang untuk bisa membeli senjata yang dijual. Di bagian Inventory ini anda bisa melakukan jual/beli senjata, armor (pelindung badan), dan juga vehicle (kendaraan). Ketiga elemen ini sangat menentukan ketika anda melakukan perkelahian (Fight).

Anda harus mengusahakan untuk menambah jumlah member gank anda. Caranya bisa dengan mengundang (invite) melalui menu My Mafia. Anda tinggal memilih teman-teman yang hendak diajak bergabung, lalu klik “Kirim Permintaan Mafia Wars”. Semakin banyak jumlah member anda, akan semakin menentukan kemenangan anda dalam Fight. Masing-masing member bisa dilengkapi dengan 1 senjata, 1 armor, dan 1 vehicle. Semakin baik (semakin mahal) yang digunakan tentunya akan menjadikan grup anda semakin kuat.

Tiap level dalam Jobs memiliki seorang Bos yang bisa anda taklukkan untuk memperoleh keuntungan tambahan. Bos di level awal (Street Thug) adalah Giancarlo Morillo. Untuk bisa menantang duel seorang bos, dibutuhkan beberapa persyaratan yang bisa anda lihat di bagian Requires di sebelah foto si Bos. Jika anda sudah merasa mantap, maka silakan ajak duel bos tersebut dengan cara menekan tombol Fight!

Untuk menambah pundi-pundi dollar anda, silakan investasikan uang anda dalam bentuk Property. Di bagian Properties terdapat macam-macam bangunan yang bisa anda beli. Sebelum membeli sebuah bangunan, anda harus membeli area atau lahan yang dibutuhkan oleh bangunan tersebut. Misalnya, untuk membeli sebuah Rent House anda harus membeli sebuah Abandoned Lot terlebih dulu. Semakin banyak property yang anda miliki, maka penghasilan anda berupa passive income akan bertambah banyak.

Kenaikan Level terjadi setelah anda memenuhi Experience yang dibutuhkan. Bisa dilihat dari indikator di sebelah atas. Semakin tinggi level anda, akan semakin banyak Jobs yang bisa anda lakukan. Property yang anda beli juga bisa semakin beragam. Demikian halnya dengan senjata, armor, dan vehicle. Saat anda menyelesaikan sebuah level, anda akan mendapat bonus berupa tambahan skill point sebesar 5 point. Skill point ini fungsinya untuk memperkuat karakter anda. Karakter anda terdiri dari lima elemen yakni: Attack, Defense, Health, Energy, Stamina. Jadi tiap kali menyelesaikan satu level, anda bisa menambahkan bonus skill point tadi ke masing-masing elemen sesuai keinginan anda. Misalnya, kalau mau melakukan Jobs lebih banyak maka anda harus menambah Energy. Sedangkan kalau mau melakukan Fight lebih banyak, yang harus anda tambahkan adalah elemen Stamina (note: Stamina memerlukan 2 skill point.)

Demikian ulasan singkat mengenai game Mafia Wars yang bisa dimainkan di sela-sela waktu luang anda. Ingat, jangan bermain game saat jam kantor! Jaman sekarang ini rentan PHK bung! Jangan sampai produktivitas anda menurun gara-gara tidak kenal waktu dalam main game. Yang mau invite saya untuk nambah jumlah member Mafia Wars boleh juga icon smile Game Mafia Wars Di Facebook >> Lihat profile Facebook saya