Remote Control PC Client

ultravnc Remote Control PC Client

Mengatur komputer (PC) pada sebuah jaringan (LAN) yang cukup besar tentu cukup merepotkan. Bagi seorang Network Administrator atau Technical Support pada sebuah perusahaan dengan skala besar, kemampuan untuk melakukan trouble shooting atau maintenance dalam waktu cepat dan dalam jumlah “pasien” yang juga banyak tentulah menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Untuk itu diperlukan sebuah tool atau aplikasi yang bisa meringankan tugas mereka.

Bayangkan jika ada seorang user yang memerlukan bantuan tentang komputernya yang sebenarnya mudah untuk dilakukan namun karena user tersebut “gaptek” sehingga si teknisi harus mendatanginya untuk melakukan hal tersebut padahal lokasinya cukup jauh (bisa di lantai lain, atau bahkan di gedung sebelah). Sungguh suatu pemborosan waktu dan tenaga, dan tentunya sangat tidak efisien bukan?

Di internet sebenarnya sudah banyak tersedia tool untuk keperluan maintenance dan trouble shooting secara remote. Salah satu yang cukup ampuh dan tentunya free (gratis) adalah Ultra VNC. Freeware ini bisa anda download di situsnya > http://www.uvnc.com/download/ yang versi terakhirnya adalah 1.0.5 (stable)

Yang perlu anda install di komputer client (user) adalah Ultra VNC Server. Sedangkan bagi Technical Support atau Network Administrator cukup menginstall Ultra VNC Viewer. Pemakaiannya sangat mudah, anda tinggal mengetikkan nama host (computer) yang hendak anda remote. Lalu tentukan opsi setting display yang bisa anda sesuaikan dengan kondisi jaringan, misal jika digunakan dalam lingkup LAN pilihlah opsi LAN, atau jika ingin kecepatan yang lebih tinggi maka pilih opsi MEDIUM (warna yang akan ditampilkan terbatas hanya 256 warna saja supaya loadingnya lebih cepat). Atau bisa juga pilih opsi AUTO. Ultra VNC dapat juga digunakan di warnet, sekolah, kafe, dsb.