Tips Mengatasi Penyakit Symbian

HP dengan sistem operasi open source macam Symbian sudah mendekati kecanggihan komputer. Kemampuannya bisa ditambah dengan memasang aplikasi pihak ketiga. Tak cuma kemampuan, kelemahannya pun hampir mirip.

Mengatasi “App close main error”

Application closed sering dialami pengguna HP Symbian S60 seperti Nokia 7650, 3650, 6600, 7610, 6630 dan lainnya. Gangguan ini bisa karena proses instalasi aplikasi yang tak sempurna, penggunaan aplikasi bajakan, memori yang terlalu penuh, serta terlalu sering bongkar pasang aplikasi yang menyebabkan rusaknya file system dan registry.

Cara mengatasinya:

1. Buang aplikasi yang dicurigai

Misalkan, sebelum anda menginstal aplikasi X, HP anda berjalan normal. Namun setelah aplikasi X terinstal, HP jadi bermasalah. Coba hapus aplikasi tersebut. Caranya: bisa dengan menu Tool > Manager. Lalu pilih aplikasi yang akan di-uninstall. Kemudian pilih Option > Remove.

2. Hidupkan HP tanpa kartu memori

Coba lepaskan kartu memori sebelum menghidupkan HP. Sebab terkadang gangguan ini bisa terjadi karena aplikasi yang terdapat di kartu memori tidak bekerja sempurna, atau kartu memori mengalami kerusakan. Jika berhasil, berarti masalahnya ada di kartu memori. Lakukan proses format kartu memori untuk memperbaikinya.

3. Format ulang HP

Ini merupakan langkah terakhir. Tapi resikonya semua data yang ada di HP akan hilang (kecuali yang ada di kartu memori). Langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Matikan HP
- Tekan tombol CALL (simbolnya: gagang telepon berwarna hijau), tanda * (bintang) dan tombol “3″ secara bersamaan.
- Masih menekan ketiga tombol tersebut, nyalakan HP anda.
- Selanjutnya HP akan melakukan proses format.

Untuk mencegah virus yang masuk ke HP, anda diwajibkan menginstal aplikasi antivirus. Diantaranya:
1. Symantec Mobile Security for Symbian
2. Trend Micro Mobile Security
3. SimWorks antivirus
4. Kaspersky Antivirus Mobile
5. F-Secure Mobile Antivirus

Sumber: Buyer’s Guide