Adsense: Hal Yang Harus Dihindari

Memasang script adsense memang salah satu cara mencari uang (dollar) melalui blog. Hanya berbekal blog, kita sudah memiliki kesempatan untuk mengeruk dollar. Tapi apakah semudah itu? Hmm.. jawabnya: bisa ya, bisa tidak. Syarat utama untuk bisa memasang script adsense adalah: blog harus berbahasa Inggris. Dalam hal inipun sudah banyak kecurangan yang dilakukan oleh para pemilik blog, dengan cara menambahi script adsense dengan kode yang memungkinkan blog yang non-English bisa menampilkan iklan-iklan dari Google.

Berikut ini daftar kecurangan yang biasa dilakukan oleh para blogger (dan akhirnya account adsense-nya di-ban alias ditutup oleh Google. Kasiaan deh icon cry Adsense: Hal Yang Harus Dihindari ). Jadi sebelum anda berpikir untuk melakukan hal-hal ini, pikirkan dulu matang-matang!

1. Meng-klik iklan sendiri

Ini kesalahan yang paling umum. Apakah anda pikir Google tidak merencanakan bahwa orang akan melakukan hal ini? Google pasti akan mengetahui hal ini meskipun anda melakukan klik dari komputer yang berbeda-beda (beda alamat IP). Saya sendiri tidak tahu bagaimana mereka mengetahui kecurangan ini jika anda pergi ke warnet dan melakukan beberapa klik pada iklan anda sendiri. Mungkin, jika anda melakukannya beberapa kali dari komputer yang sama? Mungkin anda mengecek email dari alamat email yang sama yang anda daftarkan untuk account adsense? Atau mungkin anda mengecek saldo adsense anda beberapa saat setelah melakukan clicking? Tidak seorangpun tahu bagaimana caranya, jadi lebih baik ambil langkah aman dan jangan melakukan hal itu!

2. Mengajak teman atau saudara untuk meng-klik iklan anda

Sekali lagi, saya juga tidak tahu bagaimana Google mengetahui kecurangan ini. Bagaimana mereka tahu siapa teman-teman saya? Saya pernah mendengar cerita tentang seseorang yang mengirim email ke teman-temannya (melalui gmail) dan mengajak mereka untuk mengklik iklannya, dan beberapa hari kemudian accountnya ditutup oleh Google. Cukup mengejutkan, apakah itu berarti mereka memonitor email anda? Lalu bagaimana jika saya memberitahu teman saya melalui metode mulut-ke-mulut? Tentunya Google tidak akan mengetahuinya? Hmm, bisa jadi mereka akan menemukan hubungan antara alamat email anda dan alamat email teman-teman di mailing list, dan menemukan ada alamat IP yang terdapat di milis tersebut yang melakukan klik terhadap iklan anda. Sekali lagi, tidak seorang pun yang tahu.

3. Clicker Club

Cara ini kelihatannya cukup ampuh. Anda bergabung dengan ribuan, bahkan puluhan ribu orang, yang tiap hari melakukan klik terhadap iklan orang lain yang tergabung dalam clicker club. Jika tiap hari, katakanlah anda mendapatkan 30 click, maka berapa click yang anda dapat per bulan? Bukan mustahil jika saldo anda menjadi $1000 atau lebih dalam sebulan itu! Tapi anda perlu perhatikan, bagaimana anda menemukan grup atau club ini? Tentunya lewat google, dengan mengetikkan “clicker club” misalnya, anda akan mendapatkan puluhan alamat website. Tapi hal ini juga akan diketahui dengan mudah oleh Google, melihat kapan anda bergabung, dan kemudian menutup account anda!

4. Mengajak orang yang mengunjungi website (blog) anda untuk meng-klik

Hal ini jelas bertentangan dengan aturan yang ditetapkan Google. Anda sama sekali tidak diperkenankan untuk mengarahkan orang untuk meng-klik iklan yang ada. Anda tidak boleh menuliskan “Tolong klik iklan ini”. Memang sulit untuk menerka bagaimana Google mengetahui hal ini, mungkin melalui google bot yang rutin mengunjungi website anda. Ada juga yang menyarankan untuk membuat sebuah gambar animasi yang menampilkan orang sedang menunjuk ke arah iklan anda dan mengatakan “klik disini”. Bukankah Google tidak bisa mengetahui gambar itu? Anda berani mencoba? Hehehe.. icon smile Adsense: Hal Yang Harus Dihindari

5. Mengubah kode script adsense

Sudah pasti! Anda tidak diijinkan untuk mengubah sedikitpun kode adsense yang diberikan Google. Tapi ada beberapa blogger yang nekat melakukan hal ini di blognya yang berbahasa Indonesia. Yah, kita lihat saja sampai berapa lama mereka bisa tahan. Halo.. ada yang merasa? icon smile Adsense: Hal Yang Harus Dihindari