Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial-Up Internet

Kemarin ada teman yang minta tolong untuk setting laptop-nya supaya bisa connect ke HP (handphone). Tujuannya supaya HP-nya bisa dijadikan sebagai modem supaya bisa browsing internet melalui laptopnya. Memang sih HP-nya sendiri sebenarnya bisa digunakan untuk browsing karena sudah ada aplikasi web browser didalamnya, tapi karena browsing melalui HP ada beberapa keterbatasan dan juga kurang nyaman maka saya sendiri lebih suka browsing melalui PC atau laptop. HP yang dipakai adalah Nokia N73, dan laptopnya merk Acer Aspire 4730Z yang sudah memiliki fasilitas Bluetooth (built-in).

Tanpa panjang lebar, berikut langkah-langkahnya:
1. Aktifkan Bluetooth di laptop dengan cara tekan tombol berlogo bluetoothOrigin logo Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

2. Aktifkan Bluetooth di handphone

3. Klik kanan icon Bluetooth di windows tray (sebelah bawah kanan) dan pilih Add a Bluetooth Device
add bluetooth device Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

4. Tunggu sebentar selama proses pencarian device bluetooth. Setelah selesai akan tampil nama HP yang ditemukan.
search bluetooth device Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

5. Klik [Next] kemudian pilih Service yang ingin diinstal. Dalam hal ini saya pilih Dial-Up Networking (untuk koneksi internet) dan File Transfer
select bluetooth services Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

6. Selesai. Klik [Finish]

7. Klik 2x icon bluetooth di windows tray. Akan tampil service Dial Up Networking dan File Transfer yang tadi telah diinstall. Untuk mulai melakukan koneksi ke internet, silakan klik 2x di icon Dial-Up Networking tersebut.
my bluetooth places Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

8. Akan muncul kotak dialog Dial-Up. Dalam percobaan ini memakai kartu Mentari (Indosat) yang telah diisi pulsa GPRS (pulsa khusus internet) sebesar Rp 5000 dengan durasi 250 menit dan masa aktif 5 hari.

Username: indosat@durasi
Password: indosat@durasi
Dial#: *99***1#

dialup indosat durasi Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

9. Awalnya percobaan ini gagal. Ternyata disebabkan sisa pulsa reguler tinggal Rp 33. Setelah dilakukan isi ulang pulsa reguler sebesar Rp 5000 dan dicoba untuk dial-up lagi, hasilnya SUKSES. Ternyata ada syarat pemakaian pulsa GPRS Indosat ini yakni, pulsa reguler minimal sebesar Rp 500. Selain untuk kartu Mentari, pulsa internet juga tersedia untuk kartu IM3.

10. Setelah selesai menggunakan internet, jangan lupa Disconnect koneksi supaya pulsa nggak jalan terus. Caranya: klik 2x icon bluetooth di Windows tray. Lalu klik kanan icon Dial-Up Networking dan pilih Disconnect.
modem disconnect Percobaan Koneksi HP Ke Laptop Untuk Dial Up Internet

Trouble shooting :
Jika setelah dialup muncul pesan Error 734, lakukan hal ini:
1. Buka Control Panel > Phone and Modem Option
2. Pilih Modem yang dipakai
3. Klik tombol Properties
4. Pilih Advanced
5. Di extra Initialitaion Command-> masukkan at+cgdcont=1,”ip”,”indosatgprs”