Cara Meningkatkan Pagerank

Hari ini saya mendapat surprise yang luar biasa… Blog infogaptek.com ini telah mendapatkan hadiah berupa Pagerank dari mbah Google icon smile Cara Meningkatkan Pagerank Tidak tanggung-tanggung setelah 3 bulan (lebih sedikit) penantian, akhirnya langsung mendapatkan Pagerank 2! Sungguh suatu kado yang istimewa dan memang sudah dinanti-nanti, karena kabarnya memang sekitar bulan Maret akan diadakan update Pagerank oleh Google. Tadinya saya pikir, kalaupun dapat PR (Pagerank) paling cuma PR 1.. eh ternyata bisa langsung lompat (naik kelas) ke level 2.

Sebenarnya apa sih Pagerank itu? Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pasti sudah tau. Pagerank adalah indikator yang memberikan informasi apakah suatu blog cukup penting atau populer di jagad maya internet ini. Umumnya diukur dari banyaknya website atau blog lain yang mengandung tautan (link) menuju ke blog kita. Tautan dari blog lain ini disebut backlink. Semakin banyak (dan semakin berkualitas) jumlah blog yang mengandung URL (alamat) blog kita, akan semakin menaikkan “derajad” blog kita di mata mbah Google icon smile Cara Meningkatkan Pagerank

Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan “blogwalking” atau jalan-jalan mengunjungi blog lain. Bukan hanya berkunjung, tapi sebisa mungkin kita memberikan komentar di salah satu posting (artikel) yang ada di blog itu. Komentar yang anda berikan sebaiknya komentar yang berbobot (berkualitas), bukan sekedar “Nice info” atau “Good posting”. Kalau bisa komentar yang memberikan informasi tambahan dari posting yang dikomentari. Keuntungannya ada 2: selain anda mendapatkan backlink, jika komentar anda bermutu akan memancing orang lain untuk berkunjung ke blog anda dan tentunya ini akan meningkatkan jumlah traffic bagi blog anda!

Karena pagerank ini ditentukan oleh Google, maka anda sebaiknya mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools (alamatnya di http://google.com/webmasters/tools). Anda boleh mendaftarkan semua blog yang anda miliki. Dengan tool dari google ini anda dapat melihat informasi yang berkaitan dengan blog anda, dan jika ada masalah dengan blog anda maka bisa langsung diketahui secara cepat. Sebelumnya, jangan lupa membuat sitemap untuk blog anda! Sitemap ini berisi informasi daftar link yang ada di blog anda. Jika anda memakai mesin wordpress, sudah ada plugin google-sitemap-generator (silakan tanya mbah Google). Plugin ini akan membuatkan sitemap untuk anda secara otomatis. Sebelumnya siapkan 2 buah file kosong di folder blog anda: sitemap.xml dan sitemap.xml.gz serta ubahlah mode (permission) file2 tersebut menjadi 777 (full-access) dari control panel hosting anda (cpanel/spanel) atau lewat ftp juga bisa.

Plugin lain yang wajib diinstall adalah all-in-one-seo-pack yang akan menjadikan blog atau posting anda lebih SEO-friendly sehingga kesempatan untuk tampil di halaman awal search engine lebih besar. Hal ini tentunya akan meningkatkan traffic blog anda, karena pengunjung search engine biasanya hanya akan melihat halaman 1 – 2 dari hasil pencarian sebuah keyword.

43 thoughts on “Cara Meningkatkan Pagerank”

  1. saya ga tahu – cara pasang sitemap di blogspot :((

    rio2000’s last blog post..Tomb Raider : Underworld – PC PS3 XBOX 360 WII – Walkthrough

  2. wah, blog sayah baru satu bulan udah dapet PR 4, hayo…..

    arvernester’s last blog post..Sedikit Curhat tentang Kura-kura

  3. Karena pagerank ini ditentukan oleh Google, maka anda sebaiknya mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools (alamatnya di http://google.com/webmasters/tools). Anda boleh mendaftarkan semua blog yang anda miliki.

    Gk juga Om.. Saya pernah punya banyak kesempatan ngerunning domain tanpa ginian bisa dapet pagerank… 4 dengan domain .info malah…. setau saya (*gak tau kalau sudah berubah) Pagerank adalah value untuk mengkalkulasikan web linking system sebagai salah satu variabel. jadi gk gara2 aio seo pack :D

    Cuman kasih masukan.

    Btw salam kenal dan kami mengundang anda untuk bergabung di kafeblogger.com – tempat ngumpul para blogger

    Salam

  4. Betul. Memang dampaknya tidak langsung. Dengan mendaftarkan blog di Google Webmaster Tools, kita bisa mendaftarkan sitemap blog kita yang akan memudahkan google dalam mengindex isi blog kita, selain itu jika ada masalah di salah satu blog yang kita daftarkan akan lebih mudah diketahui. Sedangkan fungsi SEO pack adalah untuk mengoptimasi artikel yang kita posting agar punya kesempatan lebih untuk bisa tampil di halaman awal dari SERP (Search Engine Result Page).
    Terima kasih masukannya. :)

  5. Kunjungan pertama nih sebenarnya,tapi aku senang bisa terdampar disini.
    Menurutku, apa yang mas adi bilang itu “Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan “blogwalking” atau jalan-jalan mengunjungi blog lain. Bukan hanya berkunjung, tapi sebisa mungkin kita memberikan komentar di salah satu posting (artikel) yang ada di blog itu. Komentar yang anda berikan sebaiknya komentar yang berbobot (berkualitas), bukan sekedar “Nice info” atau “Good posting”. Ada benarnya juga mas,karena dengan begitu akan ada respons yang lebih efektif.pertama,pd saat kita submit sudah otomatis mencantumkan link kita sendri.kedua,comment yg kita berikan sebenarnya bentuk apresiasi kita terhadap postingan tsb,ketiga,lebih mendekatkan silaturahim antar blogger itu sendiri.saya sendiri masih baru dg dunia blogging ini,jadi masih belajar juga nih mas.Sekali lagi thanks buat infonya dan salam kenal y..
    .-= endopicky´s last blog ..Tarhib Ramadhan, Bersiap Menyambut Ramadhan (2) =-.

  6. Setelah menghabiskan beberapa saat membaca
    artikel ini, membuat kami jadi pengen segera
    mencobanya. kami bingung, padahal dulu PageRank
    Website kami 4, tiba-tiba drop jadi 1, trus
    alexanya tetap ga mau bergerak, di sekitar
    140.000an, bisa memberi kami masukan ga? kami
    tunggu email dari anda yah. Thanks,nice post :)

    Admin iklan-laris.com

  7. Saya sangat terkesan dengan artikel yang satu
    ini. singkat, padat dan jelas. mau jg donk,
    trik dan cara menaikkan Alexa dan PageRank
    di website saya, susah sekali rasanya untuk
    mendapatkan trik yang tepat. jika perlu,
    bisa tolong di cek di : http://www.bungkusan.com ?
    benar-benar butuh masukannya.
    Ditunggu emailnya yach, makaciii

  8. Bagus sekali,tapi dari kemarin saya sudah coba cara itu,tapi kenapa PR saya turun ya??ada salah dimana?? :exclaim: :exclaim:

  9. pendatang baru nie mas.. salam kenal azza.. infonya keren tapi aku binggung gmana biar tertular virus pagerank.. maklum masih gaptekan bget,mohon bantuannya ya mas…

  10. newbi ne mas…saya lg kerja keras biar sobatagus.com bisa cepet naik. silahkan mampir mas…
    .-= agus´s last blog ..Download Buku Gurita Cikeas =-.

  11. ada gak semacam tabel untuk mengetahui kira-kira sudah berapa pr kita?? kan kalo nunggu 3 nulan terlalu lama bro??

  12. mantabs gan… bisa ditry…….
    .-= jack´s last blog ..2 Lowongan Kerja Perhotelan di Blue Sky Pandurata Boutique Hotel-Jakarta =-.

  13. mas bagaimana kalau blognya biasa ga punya cpanel & ftpnya
    “Sebelumnya siapkan 2 buah file kosong di folder blog anda: sitemap.xml dan sitemap.xml.gz serta ubahlah mode (permission) file2 tersebut menjadi 777 (full-access) dari control panel hosting anda (cpanel/spanel) atau lewat ftp juga bisa.”
    mohon bantuannya mas

  14. Halo … Lam kenal…
    Ini dia artikel yang lagi saya cari. masalahnya, saya lagi blajar blogging, udah hampir 4 bln lebih.. tapi ga dapet2 pagerank.. susah bener ya … Blog saya di blogdetik ini url nya: http://mixnews.blogdetik.com, ga bisa bikin file. Jadi saya cuma pake SEO All in One Pack…

  15. Thx imformasinya gan.. blog sy juga sma dng punyamuw.. viewx tentang tekhnologi dan kumpulan anti virus yg kerenz
    (www.gurgent.co.cc)

  16. benar mas,,dalam mendapatkan pagerank dibutuhkan usaha untuk mencari backlink tetapi dengan cara yang benar..
    semakin besar pagerank semakin besar pula keuntungan yang anda peroleh,,
    thank’s mas buat infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>