Cara menginstall Ubuntu di Laptop baru

ubuntu-linux-logoSaat ini kebanyakan laptop baru tidak dilengkapi dengan sistem operasi (Operating System / OS). Sebagian orang masih memilih Windows sebagai pilihan sistem operasi untuk keperluan sehari-hari. Mirisnya, masih banyak pengguna yang memilih Windows bajakan untuk hal tersebut. Padahal jika hanya digunakan untuk kebutuhan standard seperti mengetik laporan, membuat tabel-tabel spreadsheet, membuat presentasi, ataupun mengedit gambar, atau melihat video dan memutar file MP3, Linux juga sudah menyediakan semuanya, dan hebatnya sebagian besar software tersebut tersedia gratis untuk pengguna Linux. Jadi, tidak ada salahnya jika anda memberanikan diri untuk menggunakan Linux sebagai sistem operasi untuk laptop kesayangan anda.

Menginstall Ubuntu Linux

Di antara banyak pilihan distro Linux yang tersedia, Ubuntu menjadi favorit banyak orang karena kemudahan pengoperasiannya yang hampir sama dengan Windows. Selain itu proses instalasi Ubuntu juga sangat mudah, bahkan untuk pengguna umum. Untuk mendownload Ubuntu, bisa langsung menuju ke alamat http://www.ubuntu.com/download/desktop dan memilih versi 64 bit atau 32 bit (saya pilih versi 64 bit). Setelah itu gunakan program ISO Burner (bisa gunakan Free ISO Burner) untuk membuat DVD instalasi dari file ISO yang didownload tadi. Jika anda ingin menggunakan USB flashdisk sebagai media instalasi selain DVD, maka bisa memakai program Unetbootin.

Bagi pemakai Android

Jika device Android anda memiliki fitur USB OTG (On The Go) seperti Asus Zenfone 5 yang saya pakai, maka anda bisa download file ISO Ubuntu melalui device Android anda, lalu gunakan program ISO Extractor untuk mengextract file ISO tersebut ke USB flashdisk.

Setelah DVD/Flashdisk yang berisi installer Ubuntu siap, maka silakan booting dengan menggunakan salah satu media tersebut. Anda mungkin perlu masuk ke BIOS untuk mengaktifkan DVD/Flashdisk sebagai prioritas untuk booting.

Setelah proses booting melalui salah satu media tersebut berhasil, kita akan disuguhi menu yang berisi pilihan untuk langsung mencoba menggunakan Ubuntu tanpa proses instalasi, atau bisa juga langsung melakukan instalasi Ubuntu ke hard drive. Proses instalasinya sangat user friendly dengan tampilan grafis yang bagus, anda tinggal pilih Continue di tiap tahap yang tampil. Setelah selesai maka kita akan diminta untuk Reboot, dan Ubuntu pun sudah siap digunakan!

Untuk browser standard sudah tersedia Mozilla Firefox. Sedangkan untuk pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi sudah ada Libre Office. Bila anda seorang software developer, bisa gunakan Geany untuk sarana coding. Untuk menginstall program tambahan lain bisa melalui Ubuntu Software Center.
Tampilan-Ubuntu-software-center

Jadi sebenarnya Ubuntu sudah cukup menjawab semua kebutuhan komputasi anda sehari-hari. Juga dukungan terhadap software berbasis open source kian hari semakin besar sehingga anda tidak perlu khawatir. Jika ada pertanyaan apapun anda bisa gunakan askubuntu.com untuk mencari jawabannya. Akhir kata, semoga kita bisa lebih bijak dalam memilih dan menggunakan Operating System untuk kebutuhan kita.