Cara Menjadikan Windows 8 Sebagai Home Server

Jika di rumah atau kantor anda (skala kecil) terdapat beberapa komputer (PC), anda bisa melakukan penghematan dan terlihat lebih profesional dengan cara menyimpan semua dokumen dan media dalam sebuah komputer dan menggunakan network sharing untuk mengaksesnya. Dengan cara ini, anda dapat menghindari penyimpanan dokumen yang sama di beberapa komputer, dan juga tidak bingung saat mencari sebuah file diletakkan di komputer mana. Selain itu, anda juga hanya perlu melakukan backup data terhadap satu PC. Windows 8 sudah memiliki fasilitas storage dan backup yang membuatnya unik dan bisa dimanfaatkan sebagai file server.

Membuat Storage Spaces

Windows 8 menambahkan fitur file storage baru bernama Storage Spaces, dan didesain untuk perlindungan terhadap kerusakan hard drive dengan cara membuat copy data dan menyebarkannya di beberapa drive. Hal ini menjadikannya solusi yang cost effective dan user-friendly dibandingkan RAID drive, dan bekerja mirip dengan fitur Drive Extender di edisi awal Windows Home Server.

windows-8-storage-spaces

Untuk memulainya, anda harus menancapkan satu atau lebih drive internal atau external ke komputer Windows 8 anda dan jalankan Storage Spaces (cara tercepat adalah melalui Start Screen dan ketik storage spaces). Selanjutnya, buat sebuah storage pool dan bagi menjadi satu atau lebih Storage Spaces, yang kemudian akan tampil dan bekerja seperti drive lainnya di Windows. Jika anda memiliki dua atau lebih drive fisik di pool tersebut, anda tidak akan kehilangan data jika salah satu (atau bahkan keduanya) rusak. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak drive ke pool untuk menambahkan kapasitasnya kapan pun. Jika anda memerlukan penjelasan lebih lengkap silakan buka link ini.

Berbagi file dalam satu jaringan

Jika semua PC memakai Windows 7 atau Windows 8 maka bisa digunakan fitur HomeGroup, yang mengijinkan anda berbagi Libraries (Documents, Music, Pictures, dan Videos) dan printer. Dan karena HomeGroup sudah terlindung password, anda tidak perlu khawatir terhadap guest atau pengunjung yang mencoba mengakses file-file anda. Untuk penjelasan lebih detail tentang membuat HomeGroup silakan lihat link ini, ditulis untuk Windows 7 tapi bisa juga digunakan untuk Windows 8.

Untuk berbagi Storage Space di HomeGroup anda harus menambahkannya ke shared Library yang sudah ada atau membuat Library baru dan men-share nya dengan Home Group. Langkah-langkah lebih detail bisa dibaca di link ini.

Share-Storage-Space-Windows-8

Namun jika anda masih memiliki Windows Vista atau XP, mereka tidak bisa join di HomeGroup. Jadi anda harus melakukan share secara manual di server Windows 8 supaya semua PC bisa mengaksesnya.

share-folder-manual-windows-8

Sumber : PC World