Kenapa memilih mode Manual? Ini 5 alasannya!

Menggunakan kamera DSLR dengan mode manual memiliki beberapa nilai tambah. Meski membutuhkan banyak latihan, namun hasil akhir yang didapatkan juga sesuai dengan effort yang sudah dikeluarkan. Bahkan jika anda sudah terbiasa memotret memakai mode manual, bukan tidak mungkin anda tidak akan menggunakan mode otomatis lagi! Nah, berikut adalah 5 alasan dari sekian banyak alasan kenapa banyak fotografer menyukai mode manual…

memotret_mode_manual_outdoor_dengan_kamera_dslr

1. Menghilangkan flash yang tajam

foto_bayi_lucu_dengan_mainan_memakai_kamera_dslrSaat anda menggunakan mode otomatis, kamera akan memilihkan setting sesuai dengan sensor yang diterimanya. Misalkan dalam kondisi kurang cahaya, maka flash akan otomatis digunakan. Hal ini terkadang menyebabkan hasil foto menjadi jelek dikarenakan efek cahaya yang dihasilkan dari flash terlalu tajam, sehingga saat digunakan untuk memotret wajah atau orang hasilnya warna kulit menjadi terlalu terang, atau bisa juga menimbulkan efek “red eye”.

Dengan mode manual, anda bisa mengontrol shutter, apperture, dan ISO sesuai kondisi lapangan sesungguhnya. Hasil akhirnya akan didapatkan foto yang terlihat natural, dengan warna kulit yang lebih soft tanpa efek flash yang terlalu tajam.

2. Memilih titik fokus yang paling pas

foto_bayi_dan_mainan_dengan_mode_manualDengan mode manual, kita bisa menentukan sendiri titik fokus yang paling sesuai dengan keinginan kita. Contohnya saat memotret seorang bayi yang sedang memegang mainan dengan latar belakang yang agak ramai, dan anda ingin memberi fokus pada sang bayi dan mainan yang sedang dipegangnya.

Hal ini sangat mungkin dilakukan dengan memakai mode manual. Sehingga hasilnya pun lebih maksimal, foto lebih terfokus meski dengan latar belakang yang cukup ramai tidak akan mengganggu object utama yang dikehendaki. Sedangkan jika memakai mode otomatis kemungkinan hasil akhirnya akan kurang sesuai dengan harapan.

 

3. Mendapatkan efek bokeh dan latar belakang buram

contoh_foto_bokeh_dengan_mode_manualApa itu bokeh? Penjelasan singkatnya adalah titik-titik atau spot cahaya kecil di latar belakang yang buram. Banyak fotografer yang menyukai efek bokeh ini. Banyaknya bokeh yang dihasilkan tergantung dari setting aperture (bukaan), sehingga sangat pas diaplikasikan dengan memakai mode manual. Selain itu juga bisa didapatkan efek latar belakang buram yang terlihat profesional. Efek ini sangat bagus digunakan untuk memotret wajah orang terutama di saat petang (sore hari), hasilnya bisa lebih fokus pada subject utama ditambah efek spot-spot lampu pada sore hari di latar belakang yang agak buram.

4. Mengatur intensitas cahaya

fofo_dengan_efek_backlightPembuatan foto dengan efek siluet dan backlight kedengarannya sangat menantang dan rumit, sampai anda mengetahui bahwa hal tersebut hanyalah masalah pengaturan yang tepat dalam hal intensitas cahaya yang masuk dalam foto.

Jika anda menginginkan hasil foto dengan backlight yang cantik, maka berikan jumlah cahaya yang masuk lebih banyak. Hasilnya terlihat seperti foto yang ada diatas.

Namun jika anda menginginkan efek siluet yang timbul diatas latar belakang, maka berikan pengaturan pada subject menjadi underexposed.

5. Bermainlah dengan kreativitas anda!

Kemungkinan yang ada tidak terbatas! Ada banyak hal yang dapat anda lakukan dan pelajari jika menggunakan mode manual.