Pengalaman Pertama Dengan Windows 8

Kemunculan Windows 8 yang mengusung kemampuan multi-touch yang bagus kemungkinan besar belum akan digunakan oleh para pengguna dikarenakan monitornya belum memiliki kemampuan tersebut. Jadi kali ini kita akan coba fokus pada penggunaan keyboard dan mouse standard.

charms bar windows8

Saat proses instalasi sebenarnya Microsoft sudah menayangkan beberapa tip. Tip utama yang ditunjukkan Microsoft sebenarnya sederhana : arahkan mouse Anda ke posisi sudut layar. Dalam beberapa konteks yang berbeda, mengarahkan mouse ke sudut layar akan memberikan arti yang berbeda. Ketika Anda berada di layar utama, mengarahkan mouse ke kanan-atas atau kanan-bawah akan menampilkan Charms Bar.

Charms Bar merupakan kumpulan lima icon di sebelah kanan layar yang mewakili fungsi-fungsi utama, dan bar (kotak) tersebut tersedia dimanapun saat anda berada di Windows – bahkan saat anda berada di desktop tradisional. Pertama kali, Anda akan fokus terhadap dua icon : di tengah, yang seperti gambar jendela, yang akan membawa anda ke layar Utama; kemudian icon Settings (di bawah). Icon Settings ini penting, sebab disanalah terdapat tombol Shutdown/Restart.

Sekarang, arahkan mouse ke pojok kiri-bawah, dan anda akan mendapatkan….. ZONK! Ya, tidak ada apapun, sampai anda menjalankan sebuah aplikasi. Jadi, jika terdapat aplikasi yang sedang berjalan, mengarahkan mouse ke sudut kiri-bawah akan memunculkan thumbnail dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Sekarang, arahkan mouse ke pojok kanan-atas, dan biarkan sebentar disitu, kemudian perlahan gerakkan ke bawah, maka akan muncul app-switching bar di sebelah kiri layar. Bar tersebut menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Anda dapat meng-klik dan geser salah satu thumbnail ke sebelah kanan untuk menampilkannya di layar. Jika berupa aplikasi Windows 8 (dan bukan sebuah program desktop), Anda dapat menjalankannya di modus split-screen dengan menyeretnya ke bawah, dan membiarkannya bertengger di sebelah kiri atau kanan.

windows8 simple start

Nah, ada sebuah trick untuk pemakai Windows lama : Jika anda klik-kanan di sebelah kiri bawah, Anda akan menjumpai menu Simple Start, yang bisa digunakan untuk menjalankan fungsi system-management yang umum, seperti Control Panel, Disk Management, Run dialog box, dan sebagainya. Simple Start bisa tampil saat berada di modus desktop atau di layar Start.

    1. Pingback: Mini PC Zotac ZBOX AD06 Yang Hemat Listrik | Info Gaptek January 8, 2013
    2. Pingback: Cara Menjadikan Windows 8 Sebagai Home Server | Info Gaptek February 1, 2013

    Add Your Comment