Pilih Streaming Atau Download Lagu?

Info Gaptek – Musik sebagai salah satu media hiburan telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dimulai dari piringan hitam, lalu kaset, kemudian beralih ke CD (compact disc), hingga sekarang marak bermunculan situs streaming. Kita sebagai konsumen dimanjakan dengan banyaknya pilihan media untuk menikmati musik. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Sumber foto : http://www.grindaholiks.com/uncategorized/how-artists-can-still-benefit-from-streaming/

Sumber foto : http://www.grindaholiks.com/uncategorized/how-artists-can-still-benefit-from-streaming/

Kelebihan streaming musik

Kualitas koneksi internet yang semakin baik di Indonesia dan dunia membuat pengalaman menikmati musik secara streaming menjadi makin nyaman. Saat menunggu di bandara atau sekedar untuk mengusir jenuh kita bisa mengakses situs online streaming melalui wifi hotspot yang tersedia ataupun memakai paket data dari provider seluler. Situs music streaming seperti soundcloud atau spotify yang sekarang bisa dinikmati di Indonesia, sangat ringan diakses menggunakan gadget, smartphone, atau laptop. Menikmati musik secara streaming tidak “memakan” storage di device yang kita pakai, sehingga tidak perlu takut kehabisan space jika memory atau harddisk kita kecil.
Dibalik kelebihan tentunya ada kekurangan dari streaming musik ini, yakni sangat tergantung dari koneksi internet di lokasi kita berada. Saat berada di area publik kita bisa menumpang jalur wifi yang tersedia, namun jika yang ikut menumpang hotspot gratis juga banyak maka biasanya koneksi internetnya pun akan bertambah lambat. Jika memakai paket data provider seluler, minimal diperlukan koneksi 3G agar lancar dalam menikmati musik secara streaming. Di beberapa area yang belum terjangkau sinyal 3G hal ini akan menjadi masalah.

Kelebihan download lagu

Untuk mengatasi masalah koneksi internet yang terbatas, alternatifnya bisa dengan download lagu. Bisa dari situs download lagu berbayar seperti itunes ataupun situs-situs gratisan yang menyediakan link untuk download lagu berformat MP3. Kekurangan dari metode download ini yakni kita harus menyediakan space storage yang cukup untuk menampung file-file lagu yang didownload. Namun setelah lagu tersimpan di gadget maka kita bisa menikmatinya dimanapun bahkan saat sedang berada di dalam pesawat. Salah satu situs download yang cukup bagus adalah QILOBYTE, dengan tampilan yang light dan modern serta tidak (belum) ada banyak iklan membuat kita mudah untuk mendownload lagu yang kita inginkan.

Jadi, mau pilih streaming musik atau download lagu? Tulis pengalaman atau opini kamu di kolom komentar di bawah.