Tips Memilih Portable Charger

Ada rencana presentasi di luar kantor dengan rekan bisnis, tetapi file yang sudah dipersiapkan tidak bisa disampaikan karena baterai iPad habis, atau pembicaraan penting via BlackBerry Messenger terhenti karena tiba-tiba baterai BlackBerry habis, jangan sampai urusan baterai mengganggu hari Anda.

Penggunaan perangkat mobile untuk layanan data, panggilan telepon, dan pekerjaan kantor, bahkan game menghabiskan stok baterai dari perangkat yang sudah Anda charge penuh semalam.

Anda bisa membawa baterai cadangan, tetapi resikonya komunikasi sempat terputus dan harus repot mematikan ponsel, melepas casing, dan menukar baterai. Apalagi jika perangkat yang digunakan tidak mengenal baterai cadangan seperti iPad.

Anda juga tidak mungkin selamanya menjadi fakir listrik di mal, hotel, atau berbagai tempat di mana tersedia colokan listrik yang bisa digunakan mengisi ulang baterai. Bagaimana jika lokasi yang dituju tidak menyediakannya.

Portable charger pun akhirnya menjadi pilihan alternatif yang paling banyak diambil, meskipun banyak orang mengatakan solusi ini akan membuat usia perangkat yang digunakan tidak bertahan lama.

Portable charger bisa digunakan, tentu saja, jangan beli barang aspal. Saat ini banyak beredar portable charger dengan merek yang tidak jelas. Carilah yang asli. Ada beberapa panduan yang bisa dijadikan patokan ketika memilih portable charger.

1. Pertama, cari merek asli. Ada banyak merek bagus untuk produk ini. Seperti Watson, Mimo, Delcell. Merek lain bisa menjadi pertimbangan seperti Panasonic dan Nokia, sebagai vendor ponsel yang mengeluarkan produk portable charger sejak beberapa tahun lalu, tidak hanya untuk ponsel keluarannya saja, tetapi bisa juga digunakan untuk ponsel merek lain seperti BlackBerry keluaran Research In Motion, dan Samsung.

Power Bank Mini – Tak Khawatir Baterai BB Lowbat Lagi

2. Kedua, lihat berapa besar kapasitas portable charger yang ingin dibeli, jangan terlalu kecil hingga akhirnya tidak bisa bekerja dengan maksimal, semakin besar semakin baik karena sekali isi penuh bisa digunakan untuk mengisi baterai perangkat mobile hingga beberapa kali.

Sebagai contoh portable charger Panasonic, mampu mengisi penuh BlackBerry dari posisi baterai sisa 10%, tetapi hanya bisa mengisi baterai iPad antara 30% – 40%. Jika Anda memiliki beberapa perangkat termasuk tablet PC berukuran 7 inci, ada baiknya membeli portable charger dengan kapasitas 8.000 mAh. Hal ini agar Anda bisa mengisi beberapa perangkat atau mengisi ulang baterai beberapa kali.

3. Ketiga, perhatikan juga ukuran amper pada portable charger, untuk ponsel pintar seperti BlackBerry atau iPhone cukup dengan kekuatan 1 Amp, tetapi pada tablet PC seperti iPad dan Galaxy diperlukan kekuatan 2.1 Amp.

Perangkat dengan kekuatan 2.1 Amp tetap bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel pintar, sebaliknya, portable charger dengan kekuatan 1 Amp tidak akan kuat mengisi baterai tablet PC.

    1. JD November 10, 2012
    2. Jaka November 12, 2012

    Add Your Comment