Tips Sederhana Untuk Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi besutan Microsoft yang sangat populer saat ini. Hampir semua notebook, netbook, dan personal computer sekarang dibundle dengan sistem operasi Windows 7, yang dirilis dalam 6 versi : Windows 7 Starter Edition, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Proffesional, Windows 7 Ultimate, dan Windows 7 Enterprise. Memang dari segi performa dan visual Windows 7 tampil cukup mempesona, sehingga tidak heran jika banyak vendor yang melengkapi produknya dengan sistem operasi tersebut.

Untuk membuat Windows 7 lebih nyaman digunakan ada beberapa tips yang bisa dipakai, diantaranya sebagai berikut:

1. Memilih file menggunakan checkbox

Jika selama ini anda biasa memilih beberapa file dalam My Computer atau Windows Explorer menggunakan kombinasi Ctrl+click ataupun Shift+click maka sekarang anda juga bisa menggunakan checkbox sehingga anda tidak perlu menahan tombol Ctrl ataupun Shift selama proses pemilihan file. Untuk mengaktifkan fitur tersebut caranya sangat mudah:

  1. Di Windows Explorer, klik Organize, lalu pilih “Folder and search options.”
  2. klik tab View
  3. Di bagian Advanced Settings, scroll kebawah dan contreng pilihan “Use check boxes to select items.”  dan klik OK
  4. Nah mulai sekarang ketika anda mengarahkan mouse diatas nama file, akan muncul sebuah checkbox di sebelah kiri file tersebut. Jadi jika anda hendak memilih file tersebut (untuk dicopy, dipindah, atau didelete, dsb.) cukup dengan meng-klik checkbox tersebut.

Windows 7 Tips - Select Files Using Checkbox

 

2. Membuka Command Prompt dari sembarang folder

Biasanya anda membuka Command Prompt dari menu Run atau Search, lalu mengetikkan “cmd”. Setelah itu akan muncul window Command Prompt yang mengarah ke folder default Windows. Sekarang anda juga bisa membuka command prompt tersebut langsung saat anda sedang browsing folder di Windows Explorer. Caranya sangat simple, yakni dengan menekan tombol Shift lalu klik-kanan pada nama folder dan pilih “Open command window here”.

Windows 7 Tips - Open Command Window

 

3. Melindungi privasi fitur pencarian (Search)

Saat anda melakukan pencarian file melalui Windows Explorer, anda bisa melihat history pencarian yang pernah dilakukan sebelumnya. Jika anda menggunakan PC secara bersama (share), anda bisa mematikan fungsi tersebut.

  1. Klik tombol Start. Di kotak Search, ketikkan GPEDIT.MSC dan tekan Enter untuk memunculkan window Group Policy Editor.
  2. Buka User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer.
  3. Double-click “Turn off display of recent search entries in the Windows Explorer search box” dan pilih Enabled di window yang tampil. Lalu klik OK.

Sebenarnya masih banyak lagi tips Windows 7 yang bisa anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan anda. Silakan anda cari melalui mesin pencari (Google, Yahoo, Bing) untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

    1. cusyamsu November 30, 2011
    2. Ganjar January 27, 2012
    3. smadav February 21, 2012
    4. mivomedia February 27, 2012

    Add Your Comment